Pesona Batu Kalimaya Menyihir Kolektor

black opal

Batu kalimaya merupakan jenis batu permata yang pesonanya menyihir para penghobi batu dan kolektor. Batu yang berasal dari Banten ini diburu sejak lama oleh mereka, meski harganya bisa mencapai puluhan juta untuk kualitas terbaik.

Di Indonesia Batu kalimaya hanya di temukan di Banten. Tepatnya di wilayah kecamatan Cimarga, Sajira dan Maja, Lebak- Banten. Jika di Indonesia jenis batu ini dikenal dengan nama batu Kalimaya, di pasar internasional dikenal dengan sebutan batu Opal.
Nama Opal, konon  berasal dari istilah Romawi, Opalus. Mengacu kepada istri Saturnus dan dewi kesuburan yang bernama Opalia. Ada juga pendapat yang mengatakan nama Opal berasal dari bahasa sansekerta, Upala.

Kepercayaan asal nama Opal dari bahasa Sanskerta mengacu kepada catatan Romawi sekitar tahun 250 SM. Awalnya batu ini diketahui memiliki nama yang bermacam-macam dan baru dibakukan penggunaan nama Opal setelah 250 SM. Dalam catatan tersebut diketahui Opal didatangkan oleh pedagang Bosporus yang mengaku memasok Opal dari India.

Opal atau Kalimaya memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dari batu permata lainnya. Struktur internal yang unik membuat batu Kalimaya lentur terhadap cahaya dan merefleksikan beragam warna-warni dari dalam batu. Satu buah batu cincin bisa memunculkan lebih dari 5 warna beragam dan masing-masing batu yang sudah dibentuk, baik dalam bentuk batu cincin atau liontin tidak akan memiliki corak dan pantulan warna yang sama.

Beragam jenis batu kalimaya yang dikenal diantaranya dengan nama black opal, kalimaya susu, kalimaya kembang, kalimaya hijau, coklat, ping, merah,  putih dan lainnya. Warna dan coraknya membuat batu ini terlihat sangat indah dan mempesona sehingga sangat cocok untuk perhiasan baik sebagai cincin permata, liontin, anting atau perhiasan lain.
Selain di Indonesia, batu kalimaya juga ditemukan diberbagai Negara seperti Australia dan Miksiko,  Brasil, Honduras, Guatemala, Ceko, Slowakia, Hungaria, Ethiopia,  Afrika, Nikaragua dan Turki. Batu yang dihasilkan masing-masing negara memiliki ciri khas tersendiri, namun secara umum ciri batu ini terletak pada kemampuannya memantulkan beragam warna yang mempesona.

Kalimaya termasuk jenis batu permata (batu mulia) yang mmemiliki tingkat kekerasan mencapai  6,5 pada skala Mohs. Selain itu batu kalimaya asli memiliki ciri-ciri diantaranya:
  1. Cirikhas utama dari batu kalimaya adalah memiliki warna yang beragam dan cenderung seperti pelangi saat terkena sinar atau cahaya.
  2. Batu kalimaya yang asli akan memiliki banyak serat baik di permukaan ataupun di dalamnya jika dilihat melalui alat khusus seperti kaca pembesar.
  3. Batu kalimaya yang asli juga akan memiliki permukaan yang sangat licin dan halus, sehingga ketika terkena cairan seperti minyak atau cat maka saat diusap tidak akan meninggalkan bekas di atas permukan batu permata tersebut.
  4. Batu kalimaya asli juga diketahui akan memiliki bobot yang lebih berat jika dibandingkan dengan batu palsu atau sintetis.
  5. Batu kalimaya asli adalah jenis batuan yang tidak akan berubah ketika terkena api dan akan kembali berada pada suhu yang dingin dalam waktu singkat.
  6. Terakhir bisa langsung di cek keasliannya di laboratrorium khusus yang bisa menentukan keaslian batu
    Cek Vidio berikut untuk mengetahui asli dan palsunya sebuah kalimaya.



Disamping warnanya yang indah dan unik, kepercayaan terhadap manfaat dan energy dari batu ini menampah pesona dan menjadi alasan lebih bagi kolektor untuk semakin memburunya. Berikut ini sedikit ulasan tentang jenis-jenis Batu Kalimaya :

KALIMAYA HITAM. Biasanya jenis batu kalimaya hitam banyak berasal dari Australia, yaitu opal berwarna agak gelap kehitaman atau kecokelatan dengan permainan warna, sehingga membuatnya lebih kontras. Opal Hitam adalah alat pilihan tukang sihir/sulap, digunakan untuk meningkatkan penerimaan terhadap sulap/sihir mereka dan juga menonjolkan kekuatan mereka.

KALIMAYA PUTIH. Kalimaya putih atau kalimaya susu (white opal)  berasal dari Australia, yaitu opal berwarna putih susu atau abu-abu, hanya memiliki sedikit permainan warna atau tidak ada sama sekali.


KALIMAYA BUNGKLON. Jenis batu kalimaya ini juga berasal dari Indonesia tepatnya daerah Banten, Sesuai dengan namanya, warnanya bisa berubah-ubah.  Terkadang berwarna putih susu, terkadang berwarna coklat bening seperti warna teh, dll, warna dapat berubah bila terkena sinar, direndam didalam air atau tergantung dari suhu ruangan setempat.  

KALIMAYA TEH KALIMAYA CRISTAL. Jenis batu kalimaya cristal ini juga berasal dari Indonesia, batu Opal yang CENDERUNG Transparan & penuh dengan permainan Warna seperti Kristal.

KALIMAYA API Jenis batu kalimaya api berasal dari Amerika Selatan & afrika,  Yaitu opal tembus pandang atau sedikit tembus pandang berwarna merah, kuning, Orange atau kecoklatan dengan sedikit permainan warna atau tidak ada sama sekali. Kalimaya api kuning Ada kembangnya atau bentuk Star-nya.

KALIMAYA BIRU Jenis batu kalimaya biru dapat menenangkan emosi dan menumbuhkan rasa percaya diri dalam berkomunikasi.

KALIMAYA HIJAU Kalimaya Hijau bagus untuk proses reorientasi pikiran dan peremajaan tubuh. Batu ini juga membantu meningkatkan spiritualitas diri. 

dari berbagai sumber: