Batu Sojol Bisa Mengangkat Mobil?

gambar:olx.com

Apakah Anda pernah mendengar berita tentang batu Sojol dari Palu? Yang konon jika tangan Anda dibasuh dengan air yang ada didalamnya batu Sojol makan Anda akan mampu mengangkat beban berat, dan beritanya, sudah ada yang membuktikannya? Namun betulkah apa yang diberitakan itu?

Penulis menemukan ulasan yang menarik dari dari fajar.co.id, sebagai berikut:

Jangan anda percaya, karena ini hanyalah trik keseimbangan yang sebenarnya sudah ada sejak lama. Jika anda pernah masuk Pramuka, anda bisa menemukan trik-trik ini bahkan dengan cara lebih mudah lagi.

Khusus untuk Batu Sojol, yang banyak dicontohkan adalah mengangkat seseorang yang sedang duduk di kursi.

Jika anda memperhatikan dengan seksama, yang mengangkat adalah bukan jari telunjuk, melainkan selat antara jari telunjuk dan ibu jari dengan kekuatan penuh kedua tangan.
Sudut yang terdapat di antara jari telunjuk dan ibu jari adalah posisi yang mampu mengangkat beban berat. Sedangkan untuk mengangkat orang dengan mitos Batu Sojol biasanya dipraktekkan oleh empat orang.

Bayangkan, satu orang diangkat oleh empat orang dengan menggunakan trik posisi jari antara telunjuk dan ibu jari, maka sudah tentu beban berat puluhan kg bisa diangkat. Jadi, jangan anda percaya.

Sedangkan posisi meletakkan tangan untuk mengangkat seseorang, juga pada posisi yang strategis. Yaitu di bawah kedua ketiak, dan kaki. Maka secara otomatis seseorang akan diangkat dengan mudah, karena diangkat oleh empat orang. Beban yang dirasakan juga ringan, karena beratnya telah dibagi rata ke empat orang.

Jika anda masih meyakini batu Sojol bisa mengangkat beban berat juga, maka coba anda buktikan sendiri, bahkan 10 orang berbadan kekar dari anda sekalian coba mengangkat sebuah mobil dengan terlebih dahulu mengenakan batu Sojol. Dipastikan kalian hanya membuang-buang energi.

Karena sesungguhnya, ini hanyalah trik mengangkat beban berat. Jika anda mempelajari ilmu fisika, maka ada beragam trik yang dapat mengangkat beban berat dengan mudah.