Cara Mengkilapkan Batu Cincin Akik

Salah satu faktor yang mendukung suatu kualitas dan nilai dari sebuah batu akik adalah keindahan atau kejernihan serta mengkilapnya sebuah batu. Batu yang terlihat jernih berkilau atau tidak kusam selain membuat indah dan cantik tampilan batu, juga akan membuat nilai jual batu menjadi lebih tinggi.

Beberapa penyebab memudarnya warna batu akik dan menjadi kusam adalah karena seringnya batu akik terkena panas matahari, apalagi batu akik tersebut termasuk jenis yang tidak tahan panas. Sementara penyebab tergoresnya batu kemungkinan disebabkan jenis batu akik dengan tingkat kekerasan yang tidak terlalu tinggi, sehingga benturan dengan benda lain akan menyebabkan goresan pada batu.

Berikut cara untuk membuat atau mengembalikan kilapan batu yang telah kusam atau sedikit tergores yang disarikan dari cantikdangaya.com:

1. Daun Pisang
Daun pisang bisa dimanfaatkan untuk mengkilapkan batu. Daun pisang yang telah kering dan berwarna coklat (Klaras). Caranya ambil daun pisang kering tersebut dan taruh di diatas alas yang lembut, dan selanjutnya gunakan untuk menggosok batu cincin anda secara lembut dan berulang.

2.    Kertas Aluminimum Foil
Anda juga bisa menggunakan aluminium foil yang juga terdapat di pembungkus rokok sebagai sarana untuk menggosok batu akik, lakukan secara perlahan dengan arah gerakan searah atau dua arah.

3.    Bambu
Bambu bisa diggunakan untuk mengkilapkan batu, gunakan permukaan bambu halus untuk membantu mengkilapkan batu cincin, menurut beberapa pendapat, bambu terbaik untuk mengkilapkan batu akik adalah bambu hitam.

4.    Kain
Untuk menjaga kilau batu cincin, beberapa pecinta batu merekomendasikan untuk selalu menggosokkan batu akik dengan menggunakan permukaan kain halus yang agak kasar, cara ini bisa diterapkan setiap saat, missal dengan cara menggosokan batu akik ke kain celana atau baju kita.

5.    Kulit
Menggunakan bahan kulit. Anda bisa menggunakan bahan bekas dari kulit seperti ikat pinggang, jaket, sepatu ataupun bahan kulit lainnya, gunakan bagian yang kasarnya secara perlahan dan lembut untuk media menggosok batu akik kita. Bahan kulit ini adalah yang popular dikalangan pecinta batu. Sehingga bahan ini mudah didapat di pusat-pusat penjualan batu akik.

6.    Serbuk Intan
Jika anda ingin hasil yang lebih sempurna, maka cara terbaik adalah dengan menggunakan serbuk intan, cara ini adalah cara terbaik utuk menghasilkan permukaan batu akik yang halus dan mengkilap. Serbuk atau pasir intan bisa didapatkan atau dibeli pada pedagang batu permata atau di pusat jual-beli batu akik.


Mungkin masih banyak cara-cara lain yang ditemukan oleh pecinta batu akik, misalnya ada pengerajin yang melicinkan batu akik dengan abu rokok, Anda silakan berinprovisasi dan jangan lupa untuk berbagi ilmu. 

Semoga bermanfaat

berikut contoh video proses pengkilapan batu akik dengan bahan kulit




Inspirasi www.cantikdangaya.com