9 Batu Hitam Yang Terkenal

akik yamani : aktualpost.info

Pada sebagian kolektor senang dengan batu-batu yang berwarna-warni, namun tidak sedikit yang menyukai batu-batu dengan warna hitam. Mereka menyukai nya bisa jadi karena keangkeran batu tersebut, atau pada dasarnya mereka terlanjur suka pada hal-hal yang berbau warna hitam Terlepas dari apapun alasan suka mereka, penulis mencoba menginformasikan batu-batu yang dibuat cincin yang berwarna hitam, yang telah terkenal di jagat perbatuan percincinan.

Batu Akik Yamani
Batu akik yamani atau sering juga disebut dengan hanya akik yaman adalah tergolong kedalam batu akik.  Warna batu akik yaman yang dikenal dan beredar  di Indonesia adalah berwarna hitam. Ciri-cirinya jika disinar atau disenter dari arah sebelahnya batu ini akan tembus cahaya dan berwarna orange atau kuning kemerahan dengan motif yang beragam.

Batu Satam
Satam juga disebut billitonite, batu yang terbentuk dari hasil proses alam atas reaksi tabrakan meteor dengan lapisan bumi yang mengandung timah tinggi jutaan tahun lalu. Batu ini juga berwarna hitam pekat, dan di Indonesia hanya terdapat di Belitung, Provinsi Babel. Ciri-ciri batu satam secara fisik pada umumnya memiliki bentuk yang khas yaitu memiliki guratan. Ciri-ciri lainnya Anda bisa baca di postingan : cara membedakan batu satam asli dan palsu.

Batu Black Safir
Batu Black Shappire (Safir Hitam) adalah salah satu warna dari batu safir, disamping warna lainnya Yellow Shappire (Safir Kuning), atau White Shappire (Safir Putih) dan yang paling fantastis adalah Blue Safir yang berwarna biru. Batu safir termasuk batu mulia, tentu harganya mahal dan transaksi jual belinya berdasarkan timbangan karat.

Batu Black Cat Eye
Jenis batu cincin termasuk kedalam batu akik, batu black cat eye memiliki corak mirip dengan mata hewan peliharaan yaitu ‘Kucing’. Ciri batu mata kucing khasnya yaitu terdapat serat atau guratan melintang pada bagian tengah batu dengan warna kontras dari warna dasarnya, sehingga tampak berkilau layaknya sebuah mata hewan yang memandang tajam.
Bermacam warna batu cat eye ini, ada yang berwarna kuning, hijau dll, tapi sepertinya warna hitam (black Cat Eye) yang menjadi primadona sebagian orang. Baca : Batu Cat Eye.

Batu Black Jade Aceh
Black Jade merupakan salah satu batu giok berwarna hitam dari aceh. Aceh yang akhir-akhir ini terkenal dengan batu gioknya, menambah nuansa perbatuan berwarna hitam dengan black jade-nya. Batu ini berwarna hitam dan  jika di senter atau disinari dari arah berlawanan akan berwarna hijau kehitaman, inilah khas batu giok aceh yang satu ini.

Black Opal
Batu ini adalah bagian atau jenis kalimaya atau opal. Warnanya yang dominan hitam dan terdapat warna-warna lainnya membuat batu ini dinamakan black opal. Batu ini sangat mahal dipasaran saat ini, dan tidak heran menjadi incaran para kolektor. Untuk lebih jelas tentang Batu Kalimaya bisa baca : pesona batu kalimaya.

Batu Kecubung Wulung
Batu kecubung wulung ini berwarna hitam, dan jika disinari dari arah yang berlawanan akan tembus dan berwarna biru atau kebiruan.  Batu kecubung terdapat bermacam warna dari ungu, putih hingga hitam. Batu kecubung ini adalah termasuk kedalam batu akik dan berasal dari wilayah Kalimantan. lihat : jenis dan ciri batu kecubung 

Batu Garnet Star
Batu garnet adalah termasuk kedalam golongan batu permata yang terkenal. Warna batu garnet ini pada umumnya merah tua. Namun juga ada yang berwarna hitam. Garnet star ini termasuk kedalam golongan batu permata atau batu mulia. Ciri khas penampakan fisiknya adalah adanya garis menyilang yang memantul di permukaan batu ketika kena cahaya.

Batu Black Onix
Batu oniks atau onyx yang tergolong batu-batu kuarsa. atu kuarsa adalah batu kristal mineral yang terbuat dari silicon dioxide (ketika silicon dan oxygen menyatu) dan merupakan mineral kedua (setelah feldspar) yang paling banyak dan yang paling umum ditemukan di kerak kontinen bumi (mencakup 12% dari keseluruhan). Batu onix terbagi tiga macam. Yang berwarna hitam dan dasarnya putih disebut batu oniks biasa, yang berwarna merah dan dasarnya putih dinamakan karneol onyx, sedangkan yang merah tua dan dasarnya putih diberi nama sardonyx.


Dari berbagai sumber