Pandan, Batu Akik Khas Dari Betawi



Batu pandan tergolong dalam batu akik. Yang tembus apabila disenter. Batu pandan adalah batu khas yang terdapat dari sungai ciliwung dan sekitarnya. Juga terdapat di Bekasi dan sekitarnya.

Para pecinta batu pandan membentuk batu ini menjadi batu cincin dengan bentuk yang khas pula. Agak runcing dan memanjang. Oleh karenanya mungkin mustahil menemukan batu pandan dengan bentuk yang biasa misalnya bulat seperti jenis batu cincin lainnya.

Selain bentuknya yang dibentuk dengan khas, ciri lain batu pandan adalah memiliki serat yang berlapis-lapis didalamnya seperti daun pandan. Tapi konon, menurut cerita dari sesepuh yang diturunkan ke generasi muda Betawi  sekarang, nama pandan tersebut tidak ada sangkut paut nya dgn daun pandan, kata “Pandan” sendiri di ambil Dari ejaan kata Belanda (Pendant) yg berarti LIONTIN. Dan Para Pendekar atau Jawara Betawi jaman dulu sering memakai cincin akik pandan ini. Jadi bisa dikatakan bahwa batu akik pandan ini telah dikenal sejak lama, sejak jaman penjajahan Belanda.


Para masyarakat betawi sangat menyukai memakai cincin batu pandan ini, hal ini dapat dibuktikan dengan terdapat banyak komunitas-komunitas pecinta batu akik pandan ini di Jakarta dan sekitarnya, sebut saja KELUARGA BATU AKIK PANDAN, PECINTA AKIK PANDAN, AKIK PANDAN DEPOK, PANDAN NATURAL, Pandan Lover dan lain-lainya yang mungkin belum penulis kenal. Dan mereka tidak hanya menjadikan akik pandan ini sebagai aksesoris cincin saja, tapi telah dijadikan sebagai gelang, liontin, dan jam.

Dari pantauan penulis, sekarang akik pandan banyak di jual di Pusat Batu Rawa Bening dengan harga yang berpariasi dari Rp. 75 rb sd. Ratusan ribu tergantung dari warna dan besar serta keindahan batu pandan.


Jenis batu pandan yang diklasifikasi dari warnanya, terdapat pandan kapas yang berwarna putih seperti kapas, pandan nanas yang berwarna orange, pandan merah, pandan lumut, pandan hijau dan lainnya.