Pasar Rawa Bening -Pusat Perdagangan Batu Cincin Di Jakarta


Jakarta Gems Center (JGC) tapi lebih dikenal secara umum dikalangan pecinta batu dengan Pasar Rawa Bening, adalah pusat perdagangan segala batu terbesar di Jakarta. Segala jenis batu ada disini, yang berasal dari hampir seluruh wilayah nusantara. Segala jenis batu akik dan batu mulia ada disini, dengan harga yang bervariasi, dari Rp. 10 ribu perbutir hingga ratusan juta.

Pasar Rawa Bening berada di Jalan Bekasi Barat, Jakarta Timur, persis di seberang Stasiun Kereta Api Jatinegara, memiliki bangunan 4 lantai, tidak hanya menjual batu cincin yang sudah jadi, tapi juga menjual bahan batu yang masih mentah (belum jadi), dan penjual memenuhi lapak ke empat lantai bangunan, hingga ke pinggir jalan masuk gedung.

Pasar Rawa Bening ini sudah ada sejak 41 tahun lalu, sekitar tahun 1974,  namun saat itu, Pasar Rawa Bening masih berupa pasar tradisional tempat pedagang menjual sembako, tekstil, obat-obatan, batu akik dan lain sebagainya. Hingga 12 tahun kemudian, tepatnya tahun 1986, para pedagang batu akik semakin banyak berkumpul di area parkir Pasar Rawa Bening untuk membuka lapak dagangannya. Dan sekarang  pasar ini telah menjelma menjadi pasar batu cincin terbesar di Indonesia.

Tidak hanya penjualan batu yang ada di pasar rawa bening ini, tempat penempaan batu (pemotongan hingga menjadi batu cincin) juga ada disini, di lantai 1.  Proses krom ikat cincin juga tersedia disini, dan semua aksesoris terkait cincin tersedia disini. Bahkan pengalaman penulis, untuk jenis batu-batu tertentu, dengan kualitas yang sama, di pasar ini masih berharga lebih murah dibandingkan di pusat-pusat penjualan batu luar kota.

Anda pencinta cincin batu? jangan lewatkan untuk mampir disini jika Anda berkunjung ke Jakarta.