Adakah Hubungan Warna Batu Akik Dengan Aura Dan Cakra

Dari berbagai ulasan tulisan di sosmed memang ada hubungan antara warna batu cincin akik dengan aura dan cakra. Warna tertentu dari batu akik sam berfungsinya dengan warna aura dan cakra manusia. Cakra adalah titik pusat energi yang ada di dalam tubuh bioplasmik manusia.  Tubuh bioplasmik adalah cetakan tubuh fisik manusia, yang benar-benar menyerupai tubuh fisik. Ada kepala, lengan, kaki, badan, dan sebagainya. Disebut bio karena hidup, dan plasmik berasal dari istilah plasma. Plasma adalah istilah untuk menyebut bahan keempat dalam pembentukan suatu unsur fisika, selain padat, cair, dan gas. Wujud tubuh bioplasmik itulah yang muncul ke permukaan tubuh fisik manusia, dan kemudian disebut dengan aura.

Salah satu fungsi cakra adalah untuk menyerap energi hidup atau prana alam yang ada di jagad raya.

Diyakini ada 365 titik cakra dalam tubuh manusia, tetapi jumlah titik cakra yang utama (mayor) hanya ada tujuh. ketujuh titik cakra itu adalah :

1. Chakra Mahkota (Sahasrara)
Warna : Violet
Posisi : di sisi bagian atas kepala, daerah otak dan system syaraf (ubun-ubun).
Elemen : pemikiran
Fungsi : Integrasi dan Pemahaman. Chakra ini adalah pusat masuknya energi Illahi ke seluruh lapisan tubuh & kesadaran.

2. Chakra Mata Ketiga (Ajna)
Warna : Biru indigo (nila)
Posisi : di antara kedua mata (dahi/kening)
Elemen : cahaya
Fungsi : Penglihatan, intuisi, penyatuan

3. Chakra Tenggorokan (Vishudda)
Warna : Biru muda
Posisi : tenggorokan
Elemen : Ether
Fungsi : komunikasi, energi ekspresif, kemauan untuk menyatukan symbol-simbol ke bentuk yang ideal (kuasa dan tenaga untuk memilih)

4. Chakra Jantung (Anahata)
Warna : Hijau
Posisi : tengah dada
Elemen : Udara
Fungsi : mencintai diri, mencintai orang lain, pemenuhan hajat hidup, energi mental, kesadaran dan penyembuhan

5. Chakra Pusar (Manipura)
Warna : Kuning
Posisi : pinggang, perut (pusar/plexus solaris)
Elemen : Api
Fungsi : pertumbuhan, penyembuhan, menerima dan mengeluarkan energi, tenaga bagi kemauan, tenaga personal

6. Chakra Seks (Svadhisthana)
Warna : Jingga
Posisi : di bawah perut, abdomen (pada tulang pelvis)
Elemen : Air
Fungsi : asimilasi, seksual, kesenangan, keinginan, gaya hidup yang memanjakan emosi

7. Chakra Dasar (Maludara)
Warna : Merah
Posisi : di antara alat kelamin dan anus (ujung tulang ekor)
Elemen : Tanah
Fungsi : survival, gaya hidup yang mengutamakan energi fisik


Warna Batu Dan Cakra

Jika cakra memiliki warna atau diwakili oleh warna tertentu, maka warna batu akik yang beragam diyakini juga dapat mempengaruhi aura dan cakra manusia. Berikut ini pengaruh warna dari batu akik dan batu mulia terhadap ketujuh cakra tersebut yang dirangkum dari berbagai sumber:

Putih
Warna terdapat pada berlian putih, akik putih yang tranparan dan kalsit, safir putih, biduri bulan, biduri laut, dan moonstone. Warna putih natu mulia ini memancarkan sumber energi di bagian kepala (ubun-ubun), cakra tertinggi pada tubuh manusia. Warna putih diyakini menghasilkan getaran positif untuk membantu menciptakan harmonisasi, kesembuhan dan menjaga kesehatan tubuh.

Ungu
Warna ungu meliputi jenis kecubung (ametis) dan turmalin ungu. Warna ungu masih berkaitan dengan kepala sebagai cakra ke tujuh (Cakra Mahkota). Getaran jenis ini sangat membantu menumbuhkan ketenangan, mengurangi emosi yang negatif; lebih banyak menghasilkan getaran feminin; baik untuk membantu pengembangan kebatinan yang positif, dan daya stamina tubuh.

Biru tua
Warna yang satu ini dihasilkan dari safir, turmalin, lapis lazuli, batu-batu yang berwarna agak biru tua. Getaran warna dan jenis batu terkait dengan cakra ke enam (Cakra Adnya). Getaran warna batu ini membantu menumbuhkan kebijaksanaan, mengembangkan intuisi, memperkuat mata dan telinga, memperkuat daya-ingat, bahkan membantu meningkatkan kepekaan terhadap dunia supranatural.

Hijau
Hijau terdapat pada giok, zamrud, malasit hijau, peridot, turmalin, kalsit yang hijau, mata-kucing yang hijau -hijau muda, dan Batu Bacan. Warna hijau berkaitan dengan cakra yang ke empat (yang terletak di daerah jantung/dada). Getarannya membantu memperkuat jantung, menumbuhkan kasih-sayang, menambah kesadaran-materi (kebendaan) dan memperkuat otot-otot dan syaraf serta dapat mengurangi emosi yang menghasilkan energi negatif.

Kuning dan Kuning keemasan
Warna yang satu ini dihasilkan dari Batu Mulia Topas Kuning, Safir Kuning, Citrin, dan mata-kucing yang kekuning-kuningan. Warna dan getarannya berkaitan dengan cakra ke tiga (yang terletak di dekat pusar). Diyakini getarannya dapat membantu menambah energi maskulin, memperkuat vitalitas pria, memperkuat tubuh secara umum dan membantu juga pengembangan cakra ke tiga.

Merah Jingga-Orange
Warna yang satu ini ada pada semua jenis akik (terutama mengarah ke warna oranye), citrin yang juga mengarah ke warna oranye dan carnelia. Warna dan jenis ini berkaitan dengan cakra yang ke dua  yang terletak sedikit di bawah pusar. Pengaruh getarannya membantu memperkuat daya kemampuan vitalitas, memperkuat daya-kreatif dan memperkuat cakra ke dua.

Merah Jambu
Warna yang satu ini dihasilkan dari kwarsa ros, tourmalin, garnet dan koral, dan batu-batu yang berwarna merah-jambu. Diyakini getarannya menambah kehalusan cinta, kehangatan yang damai dan positif. Selain itu batu-batu ini juga dapat mempengaruhi cakra yang ke empat, yaitu daerah jantung.

Merah
Warna merah terdapat pada mirah siam, ruby, jasper, garnet dan koral. Jenis ini berkaitan dengan cakra pertama (terletak di tunggir, bagian “tempat duduk”). Pengaruh getarannya menumbuhkan hawa-panas, menambah tenaga tubuh secara keseluruhan karena mempengaruhi peredaran darah, menjadi lebih giat bekerja dan membantu “membuka” cakra pertama.

Coklat
Warna yang satu ini dihasilkan dari tiger eye, akik, topas coklat, dan jasper. Jenis ini berkaitan dengan paha. Diyakini getarannya menambah ketenangan, memperkuat kaki bagian paha dan menjadi “penyalur” tenaga ke bawah.

Abu-abu
Warna abu-abu terdapat pada batu akik, mutiara yang abu–abu, dan mata-kucing yang keabu-abuan, serta badar besi. Getaran warnanya berkaitan langsung dengan bagian tengah kaki ( betis ). Pengaruh getarannya memperkokoh kaki, menambah ketabahan dan menjadi “penyalur” tenaga ke bumi.

Hitam
Warna hitam ada di batu onyx, akik, koral hitam, safir hitam, batu wulung, semua jenis batu yang warnanya hitam kelam. Warna dan getarannya berkaitan dengan telapak kaki. Pengaruhnya sangat memperkuat daya-fokus (ketekunan dalam urusan duniawi), keteguhan, ketabahan, dan menambah pula ketenangan. Selain itu menjadi “penyalur” tenaga langsung ke bumi.

Sumber: