Mengenal Batu Solar Padang


Berbagai jenis batu akik yang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia merupakan jenis batuan dari mikro kristal kuarsa dengan tingkat kehalusan dan kecerahan warna berbeda, termasuk jenis batu akik yang banyak ditemukan di daerah Padang, Sumatera Barat.

Diantara batu yang terkenal asal Sumatera Barat adalah Batu Solar Padang. Batu ini memiliki dayak tarik tersendiri bagi kalangan penggemar karena memiliki corak yang indah dan menawan. Dengan warnanya indah membuat batu ini menjadi icaran dan buruan terutama mereka yang menyukai indahnya batu permata.

Smoky Quartz, batu akik asal Solok Selatan, Sumatera Barat, saat ini sedang menjadi incaran para kolektor batu akik. Keistimewaan batu akik asal Sumatera Barat ini memiliki yang indah serta memiliki banyak variasi. Di kalangan pebatu akik Sumbar, Smoky Quarz dikenal dengan sebutan Solar Padang.

Salah seorang pengrajin batu akik mengatakan bahwa bentuk fisik smoky quarz ini mirip dengan Solar Aceh. ‎Memang mirip tapi tidak persis sama, kalau dari literatur smoky ini hanya ada di Brazil,

Smoky Quarz Solok Selatan ini punya keunikan yang tidak dimiliki baik oleh Solar Aceh maupun smoky di Brazil. Warna Solar dari Akik Solar Padang ini diiringi dengan giwang kuning kemerah-merahan yang membuat gila para kolektor batu akik.

Adanya giwang kuning kemerah-merahan yang memancar dari Smoky Quarz memberikan fariasi warna jika ditempa cahaya sehingga melihat sekilas seperti Solar Aceh.