Batu TAPAK JALAK-Ciri dan Khasiat Yang Dipercaya


Batu tapak jalak adalah jenis batu dengan motif unik. Batu ini memiliki ciri garis melintang berbentuk tanda plus (+) pada bagian atas batu dan terlihat juga pada sisi lainnya.

Nama pada batu ini ‘Tapak Jalak’ ini awalnya disematkan karena memiliki corak batu yang mirip bekas telapak kaki barung jalak.

Warna batu tapak jalak bisa bervariasi dari yang berwarna merah kuning, coklat, putih, hijau atau warna lainnya

Konon katanya, batu akik tapak jalak dipakai oleh orang-orang yang memiliki ilmu kekebalan. Disamping itu konon juga dipercaya oleh sebagian orang dapat memberi kewibawaan dan keselamatan. Dan pada beberapa orang lainnya mempercayai batu ini dapat menangkal santet, teluh, guna-guan dan sejenisnya.

Ciri ciri batu tapak jalak asli dapat di tandai dengan:

1. Terdapat tanda Plus (+) di kedua sisi
Ciri umum pada batu tapak jalak adalah memiliki corak seperti retak membelah vertikal dan horizontal yang memalang/melintang yang terlihat seperti tanda plus. Tanda plus ini terlihat dari sisi atas dan menembus ke sisi bawah.

2. Garis Plus tidak lurus
Pada umumnya batu tapak jalak memiliki tanda plus dengan garis yang tidak rata. berhati-hati terhadap tanda plus yang sangat lurus, bisa jadi tanda tersebut adalah buatan dan batu tersebut tidak asli.

3. Tanda Plus Yang kasar
Garis yang saling menyilang yang terlihat di permukaan batu jika diraba terasa kasar dan tidak licin dan terasa perbedaannya dengan bidang permukaan yang lain.


Dari berbagai sumber