12 Batu Permata Menurut Bulan Kelahiran & Maknanya


Batu permata merupakan salah satu jenis perhiasan yang selalu menarik untuk diulik, baik dari segi tren maupun kegunaannya. Pernahkah Anda mempelajari bahwa batu permata memiliki khasiat tersendiri bagi penggunanya? Kali ini ORORI merangkum jenis batu permata berdasarkan bulan kelahiran serta kegunaan pada pemakainya. Yuk, intip ulasannya!

Januari: Garnet
Garnet biasanya berwarna merah tua atau ungu, tapi batu ini juga memiliki varian warna lain. Garnet merupakan simbol kesucian, kejujuran, kesetiaan dan persahabatan. Batu ini memiliki khasiat untuk meningkatkan tenaga dalam tubuh dan merevitalisasi kondisi. Garnet juga dikenal dapat membantu mempercepat proses penyembuhan karena dapat membersihkan dan mengisi energi cakra tubuh manusia.

Februari: Amethyst
Range warna batu Amethyst berkisar antara ungu terang hingga unggu gelap, yang merupakan warna bangsawan. Amethyst yang biasa dijadikan liontin kalung identik dengan stabilitas, kedamaian, keseimbangan, keberanian, kekuatan batin, ketulusan dan ketenangan. Batu permata yang cantik ini dipercaya dapat menyembuhkan sakit kepala, insomnia, arthritis dan nyeri serta menyembuhkan ketergantungan. Tak hanya itu, Amethyst memiliki fungsi proteksi dan penyelesaian masalah bagi pemakainya.

Maret: Aquamarine
Permata Aquamarine merupakan simbol keberanian, kesetiaan, persahabatan, harapan, wawasan, dan kreatifitas. Warna biru pucatnya dipercaya dapat membangkitkan cinta dalam mahligai pernikahan, membangkitkan keberanian dan meningkatkan kebahagiaan si pemakai. Menyembuhkan sakit tenggorokan dan penyakit yang berkaitan dengan stress juga termasuk khasiat lain yang dikandung batu indah ini.

April: Berlian
Berlian yang diidentikan dengan cinta abadi juga mewakili kesucian, kemurnian, keabadian dan keberanian. Batu permata berlian yang menjadi idola kaum wanita ini dipercaya memiliki kemampuan dalam menyembuhkan gangguan pada otak dan kelenjar pituitari, memperbaiki kerja metabolisme tubuh serta membantu proses detoksifikasi seluruh sistem tubuh.

Mei: Emerald

Emerald atau zamrud adalah batu yang sering dihubungkan dengan daya ingat, kemampuan meramal dan kepercayaan. Warna batu kesukaan Cleopatra ini juga diidentikan dengan kesuburan, cinta dan kebangkitan. Selain karena kecantikannya, batu ini disukai karena tradisi yang menyebutkan khasiatnya dapat menyembuhkan sakit mata, tulang belakang, dan nyeri otot. Bangsa Roma zaman dulu menggunakan Emerald sebagai persembahan bagi Dewi CInta dan Kecantikan, Venus.

Juni: Mutiara
Mutiara yang memerlukan waktu lima sampai delapan tahun dalam proses pembentukannya merepresentasikan keperawanan, kesederhanaan dan kesucian. Kelebihan lain yang dimiliki mutiara selain keanggunannya adalah fungsinya dalam menyembuhkan gangguan pencernaan pada hati, limpa, perut dan usus, juga meningkatkan kesuburan dan memudahkan proses kelahiran. Belakangan, si cantik dari dalam perut kerang ini juga digunakan dalam campuran scrub tubuh karena kandungan zatnya yang mampu mempercantik kulit.

Juli: Rubi
Rubi merah adalah lambang kedamaian dan harmoni. Batu ini juga menggambarkan vitalitas, kekuatan serta kepercayaan diri. Warna merahnya sering dihubungkan dengan hal-hal besar seperti api dan kekuatan. Rubi dipercaya memiliki keutamaan dalam meningkatkan energi positif, membantu menghilangkan energi negatif, dan menstimulasi kerja organ reproduksi, empedu, dan ginjal.

Agustus: Peridot
Dahulu  kristal peridot yang ditemukan pada tumpukan debu gunung vulkanik dipercaya sebagai tetesan air mata dewi bernama Pele. Batu ini merepresentasikan makna cinta, kejujuran, kepercayaan, kepopuleran, wibawa, dan kesetiaan. Menurut tradisi, pemakai batu ini membantu menangkal roh jahat, depresi sekaligus meningkatkan kesejahteraan. Peridot sangat bagus untuk membantu meredakan gangguan kesehatan pada paru-paru, limpa, sinusitis dan payudara serta memperkuat sistem imun.
Batu berwarna biru tua ini adalah favorit kaum pastor dan raja-raja.  Warna birunya identik dengan nilai kejujuran, ketulusan, ketabahan, pengetahuan dan interpretasi. Kebijaksaan juga menjadi makna yang disimbolkan batu safir. Si biru nan cantik safir ini dipercaya memiliki andil dalam penyembuhan demam, luka bakar, kanker dan peradangan.

Oktober: Opal
Asal kata opal adalah opalus dari bahasa Latin yang berarti “perhiasan yang berharga”. Batu permata ini dipercaya dapat memberikan harapan, kebahagiaan, kepercayaan diri, dan kesetiaan pada pemakainya. Opal berfungsi membantu memperkuat daya ingat, imajinasi, dan fungsi penglihatan. Dapat pula digunakan untuk menyembuhkan infeksi dan demam, membersihkan darah dan ginjal serta mengatur insulin, mempermudah proses melahirkan serta mengurangi gangguan pra mesntruasi.

November: Topaz
Warna batu topaz sebenarnya bermacam-macam, tetapi warna yang dinilai paling bagus adalah warna merah bata. Keindahan batu permata topaz mewakili makna kebijaksanaan, kekuatan, keberanian dan ketentraman. Kegunaan batu ini secara mental adalah meningkatkan kebahagiaan, mengurangi ketegangan. Sementara secara fisik dipercaya dapat memerangi gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia juga menstimulasi metabolisme tubuh.  

Desember: Pirus
Warna batu pirus sangat unik dengan gradasi biru kehijauannya yang saat ini kembali popular. Keindahannya ditunjang dengan kemampuan yang dipercaya dapat membantu membersihkan paru-paru, menetralisir gangguan pada perut, membersihkan tenggorokan dan menyembuhkan ganggaun pada mata, seperti katarak. Perlambang kesejahteraan, kebahagiaan dan keberuntungan ini juga dipercaya dapat meningkatkan kreatifitas, dan ikatan batin.


No comments:

Post a Comment